Nama : Ririn Fatmawati
NPM : 19214473
Kelas : 3EA48
BERETIKA DALAM BISNIS
(pentingnya
berterimakasih)
Makna beretika dalam
bisnis yaitu adalah mengimbangi antara tujuan dalam suatu bisnis dengan sikap
dan norma si pelaku bisnis yang salah satunya adalah, sikap yang jujur, ramah,
dan selalu berterimakasih.
Pada penulisan kali
ini, saya ingin sedikit sharing tentang pentingnya berterimakasih dalam berbisnis,
dan penulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman yang kurang baik yang terjadi
kepada saya sendiri.
Saya sendiri adalah
pedagang, yang mempunyai prinsip bahwa bersikap jujur, ramah, dan selalu berterimakasih
adalah hal yang wajib diakukan dalam melakukan bisnis. Namun, tidak jarang saya
menemui pedagang ataupun pegawai yang menjalani bisnisnya tidak dengan
menjunjung tinggi prinsip tersebut.
Mengucapkan terimakasih
kepada pelanggan maupun rekan bisnis merupakan hal yang sangat vital. Karena berterimakasih
merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pelanggan, karyawan, maupun sesama
rekan bisnis.
Dengan berterimakasih.
akan timbul rasa dihargai yang dirasakan oleh pelanggan itu sendiri. Tidak jarang
pelanggan bisa menjadi loyal terhadap jasa atau produk kita, bahkan rekan kerja
akan menjaga hubungan kerja dengan baik apabila kita tidak pernah lupa untuk
bersikap terimakasih atas segala kegiatan bisnis yang ada.
Sesuai apa yang sudah
saya tuliskan di paragraph kedua, saya memiliki pengalaman pribadi yang kurang
mengenakan ketika saya melakukan transaksi jual beli dengan penjual cilok. Saya
sering memperhatikan tempat tersebut yang selalu ramai, hingga akhirnya saya
memutuskan untuk memebeli cilok tersebut. Namun tanpa disangka, saya mengalami
pengalam yang kurang baik di sana, di mana saya merasakan pelayanan yang
memakan waktu lama, penjual yang tidak ramah, dan yang paling membuat saya
kaget adalah, ketika saya mmberikan uang untuk membayar penjual tersebut hanya
diam saja tanpa menengok sedikitpun ke saya apalagi untuk sekedar mengucapkan
terimakasih. Jujur saja, cilok yang dijualnya memang enak. Tapi saya memutuskan
tidak akan berkunjung lagi ke sana. Bahkan saya yakin andapun akan merasakan
kecewa seperti saya.
Itulah sedikit tentang
pentingnya berterimakasih dalam berbisnis. Semoga apa yang saya tulis ini dapat
memberikan manfaat bagi saya sendiri dan para pembaca.
Thank You
0 komentar:
Posting Komentar