Minggu, 14 Mei 2017

pentingnya berterimakasih dalam berbisnis

Nama : Ririn Fatmawati
NPM : 19214473
Kelas : 3EA48

BERETIKA DALAM BISNIS
(pentingnya berterimakasih)

Makna beretika dalam bisnis yaitu adalah mengimbangi antara tujuan dalam suatu bisnis dengan sikap dan norma si pelaku bisnis yang salah satunya adalah, sikap yang jujur, ramah, dan selalu berterimakasih.
Pada penulisan kali ini, saya ingin sedikit sharing tentang pentingnya berterimakasih dalam berbisnis, dan penulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman yang kurang baik yang terjadi kepada saya sendiri.
Saya sendiri adalah pedagang, yang mempunyai prinsip bahwa bersikap jujur, ramah, dan selalu berterimakasih adalah hal yang wajib diakukan dalam melakukan bisnis. Namun, tidak jarang saya menemui pedagang ataupun pegawai yang menjalani bisnisnya tidak dengan menjunjung tinggi prinsip tersebut.
Mengucapkan terimakasih kepada pelanggan maupun rekan bisnis merupakan hal yang sangat vital. Karena berterimakasih merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pelanggan, karyawan, maupun sesama rekan bisnis.
Dengan berterimakasih. akan timbul rasa dihargai yang dirasakan oleh pelanggan itu sendiri. Tidak jarang pelanggan bisa menjadi loyal terhadap jasa atau produk kita, bahkan rekan kerja akan menjaga hubungan kerja dengan baik apabila kita tidak pernah lupa untuk bersikap terimakasih atas segala kegiatan bisnis yang ada.
Sesuai apa yang sudah saya tuliskan di paragraph kedua, saya memiliki pengalaman pribadi yang kurang mengenakan ketika saya melakukan transaksi jual beli dengan penjual cilok. Saya sering memperhatikan tempat tersebut yang selalu ramai, hingga akhirnya saya memutuskan untuk memebeli cilok tersebut. Namun tanpa disangka, saya mengalami pengalam yang kurang baik di sana, di mana saya merasakan pelayanan yang memakan waktu lama, penjual yang tidak ramah, dan yang paling membuat saya kaget adalah, ketika saya mmberikan uang untuk membayar penjual tersebut hanya diam saja tanpa menengok sedikitpun ke saya apalagi untuk sekedar mengucapkan terimakasih. Jujur saja, cilok yang dijualnya memang enak. Tapi saya memutuskan tidak akan berkunjung lagi ke sana. Bahkan saya yakin andapun akan merasakan kecewa seperti saya.
Itulah sedikit tentang pentingnya berterimakasih dalam berbisnis. Semoga apa yang saya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi saya sendiri dan para pembaca.


Thank You
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.